Peluang Usaha    Hobby    Budaya    Kerajinan    Wisata    Oto    Tekno    Olah Raga    Kuliner    Seleb    Pendidikan    Kesehatan    Seks    Modis    Amatir   
Home » , , , , » Menyaksikan Matahari Terbit dari Gunung Api Purba Nglanggeran

Menyaksikan Matahari Terbit dari Gunung Api Purba Nglanggeran

Posted by KANG LINTAS on Sabtu, 22 November 2014

Gunung Api Purba (GAP) Nglanggeran adalah gunung api purba yang diperkirakan aktif sekitar 30-60 juta tahun yang lalu. Gunung ini telah ada sebelum terbentuknya Gunung Merapi, gunung api yang sama-sama terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan dikenal sebagai gunung api aktif yang mendapat banyak sorotan karena aktifitasnya.


Gunung ini terletak di desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul dan dapat ditempuh selama 1 – 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta kita dapat menumpang bus jurusan Yogyakarta-Wonosari dan turun di Bukit Patuk. Sayangnya dari jalan raya Bukit Patuk tak terdapat kendaraan umum menuju Nglanggeran yang masih harus ditempuh sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Pilihan terbaik memang menggunakan kendaraan pribadi/sewaan.


GAP Nglanggeran merupakan salah satu titik terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di Yogyakarta. Mempunyai ketinggian sekitar 700 mdpl, gunung ini tak sulit untuk didaki. Dari gerbang pendakian hingga puncak hanya diperlukan sekitar 45-60 menit mendaki jika berjalan terus dengan hanya diselingi istirahat sebentar.


Pengelolaan GAP Nglanggeran pun terbilang cukup baik, dengan tersedianya papan penunjuk arah, pos-pos peristirahatan, jalan yang rapi, dan bantuan tali pengaman dan pagar di jalan yang licin. Tiket masuk kawasan ekowisata ini cukup murah, dipatok 5 ribu rupiah per orang untuk siang hari dan tujuh ribu rupiah untuk malam hari.














Sumber : https://id.berita.yahoo.com/foto/menyaksikan-matahari-terbit-dari-gunung-api-purba-nglanggeran-slideshow/menyaksikan-matahari-terbit-dari-gunung-api-purba-nglanggeran-photo-1394516321739.html

SHARE :
Kang Lintas
 
 
Copyright © 2014 KANG LINTAS. All Rights Reserved. Powered by Lintas Daerah
Template by Creating Website and Kang Lintas